6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”

"6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”, Bagi kamu yang menggunakan smartphone android yang sedang mengalami masalah ketika menggunakan aplikasi pesan, kemudian tiba-tiba aplikasi pesan tersebut error dengan pesan error “Sayangnya Pesan Telah Berhenti” atau “message has stopped” tentunya akan membuat kamu bingung tujuh keliling. Berdasarkan surve dari semua orang di indonesia, lebih tepatnya masyarakat indonesia masih mengandalkan pengiriman pesan menggunakan SMS (Short Message Service) di banding dengan aplikasi Messengger, seperti Line, BBM, Facebook Messengger, dll. SMS masih di minati oleh masyarakat indonesia karena harganya yang terbilang murah dan banyak sekali provider yang menawarkan gratis sms, setelah memenuhi persyaratan yang di tentukan. Namun kelemahan dari SMS yakni hanya bisa di gunakan untuk 160karakter x 4, selebihnya itu akan di masukkan kedalam MMS, berbeda dengan aplikasi Messengger berbasis jaringan internet yang dapat mengirim banyak karakter dalam pengiriman pesan. Nah tanpa berlama-lama lagi berikut ini 6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”, simak ulasan selengkapnya ya."

6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”, Bagi kamu yang menggunakan smartphone android yang sedang mengalami masalah ketika menggunakan aplikasi pesan, kemudian tiba-tiba aplikasi pesan tersebut error dengan pesan error “Sayangnya Pesan Telah Berhenti” atau “message has stopped” tentunya akan membuat kamu bingung tujuh keliling.

Berdasarkan surve dari semua orang di indonesia, lebih tepatnya masyarakat indonesia masih mengandalkan pengiriman pesan menggunakan SMS (Short Message Service) di banding dengan aplikasi Messengger, seperti Line, BBM, Facebook Messengger, dll. SMS masih di minati oleh masyarakat indonesia karena harganya yang terbilang murah dan banyak sekali provider yang menawarkan gratis sms, setelah memenuhi persyaratan yang di tentukan. Namun kelemahan dari SMS yakni hanya bisa di gunakan untuk 160karakter x 4, selebihnya itu akan di masukkan kedalam MMS, berbeda dengan aplikasi Messengger berbasis jaringan internet yang dapat mengirim banyak karakter dalam pengiriman pesan. 


Nah tanpa berlama-lama lagi berikut ini 6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti”, simak ulasan selengkapnya ya.


1. Lakukan Reboot


Cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” ini merupakan cara paling mutakhir untuk menghapus masalah terkait aplikasi atau firmware apa pun, me-reboot perangkat juga merupakan cara yang paling sering digunakan untuk memperbaiki gangguan ringan pada aplikasi. Ketika kamu menyalakan ulang perangkat smartphone androidmu, semua sumber daya yang sebelumnya digunakan oleh aplikasi dan layanan lain akan lebih bebas , dan membuat sistem lebih efisien.

2. Hapus File Sampah


Cara yang kedua kamu bisa coba membersihkan file sampah yang ada pada smartphone android kamu. Kamu harus menghapus file sampah pada aplikasi pesan saja melainkan aplikasi-aplikasi yang lain juga harus dihapuskan file sampahnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk melakukan pembersihkan file sampah pada smartphone android kamu. Setelah kamu mengahapus file sampahnya, silahkan kamu restart smartphone kamu.

3. Hapus Data Aplikasi


Cara berikutnya yakni menghapus data aplikasi pesan. Cara ini biasanya sangat ampuh dalam mengatasi aplikasi pesan yang sedang bermasalah. Dan perlu kamu ketahui bahwa menghapus data aplikasi akan membersihkan data yang bersifat sementara terhapus secara total. Dan data yang saya maksud di sini bisa basis data pesan terkirim, history, inbox,  dan yang lainnya.


4. Menggunakan Aplikasi


Apabila kamu sudah mencoba melakukan ketiga cara diatas namun tetap tidak berhasil, kamu bisa coba menggunakan alternative lain dengan menggunakan aplikasi messenger yang lain. Kamu bisa menggunakan aplikasi messenger yang lain untuk mengganti aplikasi pesan yang rusak. Kamu bisa memilih aplikasi messenger yang memiliki fitur lengkap dan tidak kalah dengan aplikasi pesan.

5. Hapus Partisi Cache


Cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” selanjutnya adalah menghapus partisi cache. Kamu dapat melakukan ini dengan menempatkan smartphone androidmu dalam mode pemulihan. Matikan smartphonemu, selanjutnya tekan dan tahan tombol Power, Home, dan Volume Up bersama-sama, setelah logo smartphone muncul lepaskan tombol daya saja, setelah beberapa detik ketika logo Android muncul di layar, lepaskan semua tombol serta tunggu sejenak selama 30-60 detik, sekarang pilih opsi Wipe cache partisi dan tunggulah sampai proses diselesaikan, selanjutnya pilih ‘sistem reboot sekarang’, selesai !

6. Lakukan Factory Reset


Jika salah satu atau semua cara mengatasi “sayangnya, pesan telah berhenti” sebelumnya gagal, maka kamu dapat mencoba cara yang satu ini. Namun, Kamu perlu memahami bahwa ini akan menghapus semua file, folder, foto, video, dan semua hal lainnya yang disimpan di smartphone kamu secara permanen. Jadi, jika kamu ingin benar-benar memperbaiki masalah ini, pertama-tama kamu perlu mencadangan semua data.


Kamu dapat memindahkan semua file yang ada di memori internal ke dalam Kartu SD atau ke drive eksternal agar tetap aman dan terlindungi. Setelah factory reset selesai kamu dapat memindahkan semua data kembali ke smartphone kamu.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang 6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti” yang bisa kamu coba sekarang juga, apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.
Komentar