0
Home  ›  Kesehatan

9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Sudah Terbukti Dan Alami

"9 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Sudah Terbukti & Alami, Mata tentunya menjadi salah satu indra penglihatan bagi kamu, karena dengan adanya mata akan sangat membantu kamu untuk dapat melihat dan juga mengamati lingkungan di sekitarmu. Namun ini merupakan salah satu anggota tubuh yang terkadang cukup banyak orang ataupun manusia yang mengabaikan tentang cara menjaga kesehatan mata yang tepat agar tetap sehat dan bisa kamu gunakan dengan hasil yang maksimal. Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kamu sewaktu-waktu. Seperti seseorang yang sering membaca buku, bermain game terlalu lama, menonton tv, menggunaan smartphone yang berlebihan dan masih banyak lagi, hal ini dapat menyebabkan kamu terserang penyakit miopi. Penyakit mata yang sudah tidak asing lagi terdengar di telingah kamu seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau juga tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna seperti misalnya orang yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dan kamu terapkan untuk menjaga kesehatan mata kamu serta dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Nah berikut inilah ulasan lengkap tentang 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Sudah Terbukti Dan Alami, Cekidot!"

9 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Sudah Terbukti & Alami, Mata merupakan salah satu indra penglihatan bagi kamu, karena dengan adanya mata akan sangat membantu kamu untuk  dapat melihat dan juga mengamati lingkungan di sekitarmu. Namun ini merupakan salah satu anggota tubuh yang terkadang cukup banyak orang ataupun manusia yang mengabaikan tentang cara menjaga kesehatan mata yang tepat agar tetap sehat dan bisa kamu gunakan dengan hasil yang maksimal.

Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kamu sewaktu-waktu. Seperti seseorang yang sering membaca buku, bermain game terlalu lama, menonton tv, menggunaan smartphone yang berlebihan dan masih banyak lagi, hal ini dapat menyebabkan kamu terserang penyakit miopi.

Penyakit mata yang sudah tidak asing lagi terdengar di telingah kamu seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau juga tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna seperti misalnya orang yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dan kamu terapkan untuk menjaga kesehatan mata kamu serta dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Nah berikut inilah ulasan lengkap tentang 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Sudah Terbukti Dan Alami, Cekidot!

1. Makan Banyak Buah-Buahan dan Sayuran




Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, salah satunya yaitu wortel seperti kelinci yang suka makan wortel. Hal tersebut karena wortel ini mempunyai kandungan beta karoten yang dimana zat ini baik untuk kesehatan mata kamu seperti kelinci yang matanya selalu bening dan bagus.

Namun, kamu akan merasa bosan jika harus mengkonsumsi sayuran ini setiap harinya sepanjang waktu, jadi agar kamu tetap mengkomsusi buah dan sayuran, kamu harus mevariasikan buah dan sayuran dari konsumsi sayur sehari-hari kamu.

2. Berhenti Merokok



Hal seperti ini mungkin akan susah dilakukan apabila kamu seorang perokok. Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang juga. Ini dikarenakan, kamu dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata. Ingatlah rokok membunuhmu dengan pelan-pelan.

3. Jangan Membaca Dalam Cahaya Redup



Untuk menjaga kesehatan mata kamu, kamu harus hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup atau bisa dibilang kurang terang karena  ini bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan segera beristirahat.

4. Jangan Langsung Melihat Cahaya Yang Terlalu Terang



Jangan sampai kamu melihat langsung cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata kamu pada sinar matahari, karena hal itu dapat merusak mata kamu. Misalnya saja apabila kamu setelah melihat sinar matahari kemudian kamu masuk ke rumah kamu, maka penghilatan kamu akan sedikit kurang jelas.

5. Periksa Mata



Periksakan mata kamu secara rutin minimal 2 bulan sekali agar dapat terhindar dari penyakit yang dapat menyerang mata sewaktu-waktu.

6.Tidur Yang Cukup



Kebanyakan dari kamu mungkin kurang tau penyebab kekurangan tidur dapat berpengaruh juga pada kesehatan mata kamu. Penelitian mengatakan bahwa mata membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam untuk benar mengisi karena matapun juga butuh pengisian ibarat smarpthone yang selalu di isi saat baterainya habis.

Tanpa kamu mengisi mata kamu penyebabnya adalah mata kamu tidak akan bekerja dalam pontensi penuh. Salah satu efek yang kurang tidur adalah kenjang mata.

7. Mengkonsumsi Asam Lemak Omega-3



Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti halibut, salmon, dan tuna bisa melindungi saluran air mata, meminimalkan mata kering, melindungi lensa,  dan juga mencegah katarak. Konsumsi ikan 2 sampai 3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

8. Mengenakan Kacamata Dan Penangkal Debu



Ketika kamu beraktifitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena hal tersebut bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja, sinar UV merupakan salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan loh. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan dari sinar UV.

9 Hindari Mengucek Mata

Ketika mata kamu terasa gatal dan perih, biasanya kamu akan refleks untuk mengucek mata kamu. Hal ini boleh dilakukan, tapi jangan terlalu sering, karena dapat menimbulkan iritasi yang berbahaya bagi mata kamu. mengucek mata dapat menyebabkan mata kamu memerah, Pendarahan, Iritasi pada mata

Apabila mata kamu terasa gatal, gunakanlah obat tetes mata yang banyak dijual di toko obat, dan cobalah untuk mengistirahatkan mata kamu.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Sudah Terbukti Dan Alami, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS