0
Home  ›  Kesehatan

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Cepat & Alami

"Cara Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Cepat & Alami,Apakah kamu tiba-tiba pernah mengalami rasa sakit pada bagian tulang sendi, terutama pada bagian jempol yang disertai pula dengan pembengkakan? Jika kamu pernah mengalami, mungkin kamu telah terserang penyakit asam urat atau sering disebut dengan kirai/gout. Penyakit ini muncul disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik itu di dalam ataupun luar persendian. Asam urat ini hanyalah satu dari dua ratus jenis peradangan sendi yang sering menyerang manusia. Biasanya rasa sakit akibat asam urat akan muncul selama tiga sampai dengan sepuluh hari, dengan puncak rasa sakit mulai dari enam hingga dua puluh empat setelah asam urat mulai kambuh. Setelah tiga hingga sepuluh hari kemudian, rasa sakit akibat asam urat tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya, bahkan terasa seperti biasa kembal."

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Cepat & Alami,Apakah kamu tiba-tiba pernah mengalami rasa sakit pada bagian tulang sendi, terutama pada bagian jempol yang disertai pula dengan pembengkakan? Jika kamu pernah mengalami, mungkin kamu telah terserang penyakit asam urat atau sering disebut dengan kirai/gout.

Penyakit ini muncul disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik itu di dalam ataupun luar persendian. Asam urat ini hanyalah satu dari dua ratus jenis peradangan sendi yang sering menyerang manusia.

Biasanya rasa sakit akibat asam urat akan muncul selama tiga sampai dengan sepuluh hari, dengan puncak rasa sakit mulai dari enam hingga dua puluh empat setelah asam urat mulai kambuh. Setelah tiga hingga sepuluh hari kemudian, rasa sakit akibat asam urat tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya, bahkan terasa seperti biasa kembal.

Kendati terlihat sembuh, namun penyakit asam urat ini bisa kambuh kapan saja tanpa ada gejala yang pasti.

Penyebab Munculnya Asam Urat dalam Tubuh

Penyebab asam urat yang sebenarnya yakni kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi. Asam urat termasuk limbah dari pemecahan purin yang ada di dalam sel tubuh manusia. 

Asam ini dibuang oleh ginjal, namun apabila jumlahnya berlebihan ini akan megakibatkan pengkristalan pada bagian sendi. Penumpukan ini berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari. Ada beberapa faktor dimana seseorang terkena asam urat, antara lain:

- Berasal dari keluarga yang sudah menderita penyakit asam urat

- Kelebihan berat badan atau bisa disebut dengan obesitas

- Memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes

- Seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Misalnya seperti hati, ginjal, kaldu, otak, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan masih banyak lagi.

- Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol

- Umur dan jenis kelamin: biasanya menyerang para lansia dan berjenis kelamin pria.

- Memiliki masalah pada bagian ginjal yang menganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh

Penanganan penyakit asam urat tersebut dapat dilakukan melalui dua sasaran utama , yaitu meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali.

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Cepat & Alami

Dalam meringankan gejala penyakit asam urat yang muncul, kamu bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada bagian sendi yang sakit. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Namun apabila tidak kunjung berkurang rasa sakitnya, obat seperti colchicine atau corticosteroids terkadang juga akan diperlukan.

Sedangkan untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat kembali, kamu bisa memperbaiki pola hidup sehat seperti mengatasi stres, diet sehat, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Jangan lupa kombinasikan pula dengan mengkonsumsi obat asam urat dari dokter agar mendapatkan hasilnya lebih maksimal.

Mengobati penyakit asam urat tidak hanya dapat dilakukan melalui pengobatan dokter saja, kamu pun bisa menggunakan beberapa bahan-bahan alami untuk mengatasi penyakit ini. Adapun cara mengatasi asam urat antara lain:

1. Konsumsi makanan bersifat basa


Dalam sebuah buku yang berjudul Alkalinize or Die Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan kita rajin mengonsumsi makanan basa (sayur, biji,buah,dll) maka akan sangat efektif untuk membantu menurunkan asam urat.

Penyakit asam urat dalam tubuh pada dasarnya diproses melalui ginjal, nah makanan bersifat basa inilah yang membantu melarutkan asam urat tersebut kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine.

2. Konsumsi jus lemon


Berbicara mengenai buah masam, buah lemon juga termasuk salah satunya. Sifat masamnya yang tinggi inilah yang dapat kamu gunakan untuk mengobati penyakit asam urat tinggi. Mengingat, kandungan asam tersebut bisa membantu tubuh memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

3. Perbanyak konsumsi vitamin C


Obat penyakit asam urat tradisional selanjutnya adalah dengan konsumsi vitamin C. Jenis vitamin ini cukup efektif untuk bisa mengatasi peradangan sendi yang muncul tiba-tiba. Bahkan kandungan antioksidannya juga terbukti dapat mencegah efek buruk radikal bebas dan mampu meringankan nyeri.

Sejauh ini sumber vitamin C paling tinggi dipegang oleh buah jambu. Dan oleh sebab itu, jangan lewatkan jus jambu secara rutin ketika pagi hari. Namun apabila tidak ada, kamu masih bisa mengonsumsi buah jeruk dan buah kiwi, karena mereka dua juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah tingginya.

4. Perbanyak mengkonsumsi air putih


Penyembuhan asam urat sebenarnya mudah, kamu bisa rutin mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas dalam sehari. Air putih merupakan jenis minuman yang baik sekali untuk melarutkan asam urat dalam ginjal.

Dengan konsumsi rutin, maka kadar asam urat dalam tubuh tidak akan menjadi pekat, sehingga kemungkinan mengkristal pada bagian sendi sangatlah kecil.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang Cara Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Cepat & Alami, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share