4 Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus

"Perbedaan kedua HP ini juga tidak sebatas bodi ponsel saja. Kedua HP ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan dan jelas jika kita teliti mengamatinya. Penasaran kan apa saja perbedaannya? Yuk, langsung simak aja 4 Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus, Cekidot!"

4 Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus, Samsung memang sudah terkenal sebagai vendor yang sering menghadirkan  terbaik tiap tahunnya. Bahkan, setiap tahun ke tahun, tidak sedikit lini produk HP yang diproduksi oleh Samsung. Tidak jarang juga tiap peluncuran produknya, Samsung selalu menghadirkan tidak hanya satu tapi bisa lebih dari satu jenis HP. Contohnya adalah Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus (2018) yang banyak diperbincangkan banyak orang.

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus ini adalah HP Samsung  yang berada di kelas menengah. Kedua HP tersebut memiliki bentuk tampilan yang sedikit mirip sehingga sulit membedakannya. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas dan menonjol. Paling mudah terlihat dari ukuran bodi ponselnya yang berbeda.


Perbedaan kedua HP ini juga tidak sebatas bodi ponsel saja. Kedua HP ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan dan jelas jika kita teliti mengamatinya. Penasaran kan apa saja perbedaannya? Yuk, langsung simak aja 4 Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus, Cekidot!

1. Layar

Galaxy A6 hadir dengan layar sebesar 5,6 inci dengan resolusi HD+ 720x1480 piksel. A6 Plus yang memiliki ukuran layar lebih luas yakni 6 inci menawarkan resolusi FHD+ 1080x2220 piksel. Layar yang lebih besar dan lebar memberikan sensasi pada pengguna untuk bermain game maupun menonton film.

Meski diagonal dan resolusinya berbeda, kedua smartphone memiliki aspek rasio layar sama yaitu 18,5:9. Sementara itu, resolusi layar yang tinggi termasuk kepadatan piksel menyajikan gambar yang lebih detail sehingga pengalaman multimedia pengguna lebih maksimal dan optimal.

2. Desain

Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus sama-sama mengusung desain bodi aluminum alias metal yang membuat HP terasa lebih kokoh dan berat. Meskipun sama-sama aluminium, keduanya memiliki ukuran panjang yang berbeda. Samsung Galaxy A6 memiliki ukuran panjang 149,9 mm dengan lebar 70 mm dan Samsung Galaxy A6 Plus hadir dengan ukuran panjang 160 mm dengan lebar 75 mm.

Kedua HP ini juga memiliki ukuran bobot yang berbeda. Samsung Galaxy A6 memiliki bobot yang hanya 159 gram sementara Samsung Galaxy A6 Plus memiliki bobot sampai 186 gram yang terasa lebih berat.

3. Chipset

Perbedaan Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus berikutnya yakni dari segi Chipset, jika melihat spesifikasinya, kedua chipset tersebut sebenarnya memiliki performa yang tidak jauh berbeda. Exynos 7870, chipset yang dikembangkan oleh Samsung sendiri ini memiliki prosesor delapan inti Cortex A53 dengan kecepatan sebesar 1,6 GHz dengan GPU Mali T830. Dengan dapur pacu ini, Samsung Galaxy A6 memiliki performa yang tidak terlalu canggih dengan Antutu 63.632.

Lalu, bagaimana dengan Samsung Galaxy A6 Plus? Chipset Snapdragon 450 pada HP ini sebenarnya hanya unggul beberapa puluhan ribu poin nilai Antutu-nya, yakni sekitar 69 sampai 70 ribu. Angka yang lebih tinggi ini karena Snapdragon 450 memiliki prosesor Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz dan sokongan Adreno 506 yang membuatnya lebih cepat kinerjanya. Melihat hal tersebut, bisa dibilang Samsung Galaxy A6 Plus memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A6.

4. Kamera

Galaxy A6 Plus dibekali kamera utama ganda sebesar 16MP f/1.7 dan 5 MP f/1.9. Berkat dua lensa ini pengguna dapat menggunakan Live Focus untuk mengambil gambar dengan kedalaman bidang dangkal (bokeh) yang keren. Sementara itu, Galaxy A6 hanya dipersenjatai kamera tunggal yakni 16MP bukaan f/1.7 yang lebih rendah dibanding A6 plus.

Pada kamera depan, Galaxy A6 Plus dibekali dengan kamera sebesar 24MP sedangkan versi reguler hanya 16MP. Kendati demikian, keduanya memiliki bukaan lensa besar yakni masing-masing sebesar f/1.9. Bukaan lensa yang lebih besar memungkinkan banyak cahaya masuk untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan cerah.

Nah, itulah 4 perbedaan Samsung A6 dan A6 Plus. Sebaiknya sebelum membeli, kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu ya agar tidak menyesal nantinya. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar bagian bawah ya. Sekian dan Terimakasih.
Komentar