5 Cara Mudah Mempromosikan Produk Menggunakan WhatsApp

"produk kamu sepi pembeli, mau promosi lewat whatsapp tapi bingung gimana caranya. langsung aja baca artikel ini dan temukan jawabannya."

Kali ini saya akan memberikan ilmu nih ke kalian semua tentang 5 cara mempromosikan produk menggunakan aplikasi whatsApp.

Siapa sih yang gak tau dengan aplikasi yang bernama ' WHATSAPP' ? kemungkinan besar semua orang tau dan bahkan pernah menggunakan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi yang satu ini menurut saya aplikasi sosial media yang paling mudah digunakan untuk seorang pemula. Kenapa tidak?

Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi yang hanya menggunakan nomer telepon untuk mendaftar tanpa harus adanya email yang biasanya di gunakan pada aplikasi sosial media pada umumnya.

Nah aplikasi whastapp sendiri tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan berbentuk teks saja loh, tetapi kamu juga bi mengirim gambar, musik, video, file dan masih banyak lagi.

WhatsApp sendiri juga menyediakan berbagai macam fitur seperti membuat grup ataupun BC atau biasa disebut dengan broadcast



Ya broadcast dan membuat grup whatsapp merupakan fitur yang dimana kamu bisa mengirim pesan ke semua kontak yang ada di aplikasi whatsappmu tanpa harus mengirim satu persatu.

Nah fitur tersebut bisa membantu kamu untuk memasarkan produk yang hendak kamu jual nantinya.

Tapi jangan senang dulu.

Broadcast dan membuat grup di whatsapp itu tidak bisa sembarangan dan perlu cara supaya konsumen tertarik dengan produk yang kamu jual nantinya.

Berikut ini Cara Membuat Konsumen Tertarik Akan Produk Yang Kita Jual

1. Membuat Promo

Sebagai contoh, saya lagi memasarkan produk credit handphone.

kita buat aja promo seperti credit handphone bunga bisa 0%, gratis 1x angsuran padahal konsumen harus memilih salah satu dari promo yang saya buat tersebut.

2. Poster Diskon

Nah setelah kamu membuat promo sekarang kamu harus membuat poster dari promo yang kamu buat tadi.

Cara bikin posternya gimana mas?

gampang kok kamu tinggal download aja aplikasi di playstore seperti contohnya aplikasi POSTER MAKER, aplikasi itu biasa saya buat karena cara menggunakannya sangat mudah dan bahkan banyak pilihan poster yang bisa kamu edit nantinya.

Sebagai tambahan, aplikasi ini GRATIS!

3. Buat Kata Semenarik Mungkin Untuk Poster Promo

Bikin kata dimana orang akan penasaran dengan produk yang kamu promosikan tersebut. Sebagai contohnya liat gambar poster dibawah ini.


Nah..

Setelah semuanya sudah selesai, sekarang waktunya eksekusi untuk mempromosikan produk menggunakan aplikasi whatsapp

Berikut Ini 5 Cara Mudah Mempromosikan Produk Menggunakan WhatsApp 2019

1. Memperbanyak Kontak Whatsapp

Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni memperbanyak kontak whatsapp.

Semisalnya kamu mempunyai kontak di aplikasi whatsapp cuma 50 terus kamu membuat grup dan broadcast ke 50kontak tersebut? kemungkinan konsumen membeli produk kamu itu sangat kecil

mungkin ya cuma tanya-tanya saja ujung-ujungnya gak jadi hehe

intinya semakin banyak kontak whatsapp kamu semakin besar juga peluang kamu mendapatkan konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.

2. Membuat Grup Sendiri

Setelah kontak whatsapp kamu sudah mencapai 100-200 kontak sekarang waktunya kamu membuat grup whatsapp supaya bisa menjaring lebih banyak konsumen entah itu dari saudara atau teman yang ada di grup tersebut.

Di grup whatsapp yang kamu buat nantinya bisa kamu upload foto barang kamu, poster promo dan testimoni dari konsumen kamu yang sudah membeli produk kamu.

Cara Membuat Grup di Whastapp :

- Buka Aplikasi Whatsapp
- Pilih titik 3 di bagian pojok kanan sebelah tanda pencarian
- Pilih NEW GROUP
- Kemudian tambahkan semua kontak Whastapp kamu
- Kasih Nama Produk kamu dan Logo Produk kamu
- Selesai

Hal Yang Perlu Di Ingat :

- Jangan terlalu spam di grup seperti mengupload 10 gambar sehari, saya sarankan sehari upload 5 gambar aja di grup

tapi grup juga jangan sampai tidak aktif kalau bisa setiap harinya kamu harus ada interaksi dengan konsumen yang ada di grup

3. Broadcast

Kontak whatsapp sudah banyak, grup whatsapp juga sudah di buat

langkah selanjutnya melakukan broadcast kesemua kontak yang ada di whatsapp kamu
Disini yang kamu broadcast yakni poster promo yang sudah kamu buat tadi dan tambahkan pesan teks yang singkat tapi menarik

Pasti kamu bertanya, kenapa kok gak gambar barangnya aja yang di broadcast? ya karena menurut saya gak ada faedahnya wkwk dan gak bikin konsumen tertarik meskipun gambar barangnya bagus.

Yang bikin konsumen tertarik yakni POSTER PROMO yang kamu buat dengan kata semenarik mungkin itu tadi.

Cara Membroadcast Semua Kontak di Whatsapp :

- Buka Aplikasi Whatsapp
- Pilih titik 3 di bagian pojok kanan sebelah tanda pencarian
- Pilih NEW BROADCAST
- Kemudian tambahkan semua kontak Whastapp kamu ( Max 256 Kontak dalam 1 Broadcast an )
- Selesai

Hal Yang Perlu Di Ingat :

- Melakukan broadcast kesemua kontak setidaknya sehari hanya 1 kali saja dan lakukan broadcast di jam yang dimana orang gak sibuk beraktivitas seperti jam 6 sore atau jam 9 malam sebelum orang tidur.

4. Membuat Status Whatsapp

Membuat status whatsapp untuk mempromosikan produk merupakan hal yang sangat penting, tapi membuat status di whatsapp supaya bisa di lihat banyak orang itu juga tidak mudah.

Setidaknya kamu harus mengedit gambar yang menarik perhatian seperti dari segi pemilihan warna dan jangan lupa tambahkan teks di status whatsapp.

5. Sebagai Tambahan ' Menginstal Aplikasi WhatsApp Business '

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business ini kamu bisa berkomunikasi dengan mudah dan lebih efisien dengan para pelanggan, dan membantu kamu untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu punyai saat ini.

Aplikasi WhatsApp Business ini mempunyai fitur profil bisnis dimana kamu bisa Membuat profil untuk bisnis kamu dengan membantu konsumen menemukan lokasi, situs web dan bahkan jadwal kamu buka toko sampai dengan tutup toko.

Aplikasi ini bisa kamu donwload gratis di playstore

Nah cukup sekian dulu pembahasan tentang 5 Cara Mudah Mempromosikan Produk Menggunakan WhatsApp, apabila ada pertanyaan yang ingin kamu tanyakan silahkan aja tulis dikolom komentar. Dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kamu ya! terimakasih.
Komentar