Cara Mudah Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Cara Mudah Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi, Kita tahu bahwa perangkat seperti Xiaomi sangat menjamur di negara Indonesia. Lebihnya lagi, penawaran harga dari Xiaomi sangat terjangkau serta tidak membebani masyarakat di negara Indonesia yang notabene yaitu menengah ke bawah. Harga Terjangkau dengan spesifikasi mumpuni tentu menjadi opsi menarik bagi para pecinta serta pengguna smartphone berbasis Android. Tapi dibalik itu semua, tidak menutup kemungkinan smartphone Xiaomi juga bisa mengalami masalah, khususnya pada aplikasi terinstall

Ada sebagian para pengguna Xiaomi yang mengeluh pada satu masalah aplikasi penting yakni aplikasi yang bernama Google Play Store. Iya, Google Play Store merupakan salah satu layanan terbaik untuk mengunduh semua aplikasi Android secara legal serta bebas. Ada banyak aplikasi dan game menarik yang bisa di unduh secara aman dan gratis. Namun jika masalah terjadi pada Google Play Store seperti Tidak Bisa Dibuka, Gagal Unduh Di Play Store, Sayangnya, Google Play Store Telah Berhenti, serta masalah–masalah lainnya tentu akan membuat pengguna merasa galau dan bingung.


Cara Mudah Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

1. Hapus Data Aplikasi
Untuk cara pertama kamu bisa mencoba untuk menghentikan serta menghapus data aplikasi Google Play Store, Google Play Serive, dan juga Google Play Service Framework. Ketiga bagian tersebut merupakan bagian yang sangat penting dan vital dari Google Play Store. Dengan menghapus data aplikasi maka akan membersihkan file cache aplikasi, bookmark, basis data, data login, dan juga history pencarian dari Google Play Store. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.


Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “Google Play Store”. Selanjutnya, kamu pilih “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.


Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “Layanan Google Play”. Selanjutnya, kamu pilih “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “Google Service Framework”. Selanjutnya, kamu pilih “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

2. Bersihkan Cache Aplikasi
Cara kedua yang bisa kamu coba lakukan yakni membersihkan file cache pada aplikasi Google Play Store dan juga sistem Android. Gunakan aplikasi Cleaner terbaik untuk membersihkan cache dan Boost memori dengan mudah dan cepat. Bisa jadi, file cache atau Residual file yang menumpuk membuat Aplikasi Google Play Store terjadi masalah, terasa berat, dan tidak bisa digunakan. Untuk membersihkan file cache secara manual, silahkan kamu simak langkah–langkahnya dibawah ini.

Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “Google Play Store”. Selanjutnya, kamu pilih “Hapus Cache”.


3. Update MIUI ke Versi Terbaru
Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan Update sistem pada smartphone Xiaomi yang kamu miliki. Dengan Update, siapa tahu nantinya semua bugs atau kerusakan yang terjadi pada Aplikasi Google Play Store bisa hilang dan Google Play Store bisa digunakan seperti biasanya. Adapun untuk update MIUI, pastikan kamu terhubung dengan konektifitas WiFi agar proses update bisa berjalan lancar dan maksimal.

4. Install Ulang Aplikasi
Untuk yang keempat kamu bisa mencoba untuk install ulang aplikasi Google Play Store. Secara bawaan, aplikasi Google Play Store sudah melekat pada semua perangkat Android, termasuk Xiaomi. Dan biasanya aplikasi Google Play Store bisa di hapus. Setelah dihapus, nantinya kamu bisa mengunduh Aplikasi Google Play Store versi file apk. Dan barulah nantinya kamu bisa install aplikasi Google Play Store versi Apk tersebut. Tapi jika nantinya Google Play Store tidak bisa dihapus, cobalah untuk update aplikasi.


Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “Google Play Store”. Selanjutnya, kamu pilih “Copot Pemasangan”.

5. Lakukan Hard Reset
Kamu bisa mencoba untuk melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Untuk solusi yang yang ini bukanlah solusi terbaik, karena bagaimanapun semua data kamu akan hilang, dan pastinya smartphone Xiaomi kamu akan kembali pada pengaturan pabrikan. Adapun untuk melakukan Factory Reset, pastikan semua data yang anda simpan pada memori Internal dan eksternal anda backup terlebih dahulu. Dan untuk melakukannya, silahkan kamu simak langkah–langkahnya dibawah ini.


Buka Menu Setelan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Setel Ulang Telepon » Dan untuk konfirmasi, kamu tinggal pilih “Hapus”.


6. Wipe Cache Partition
Dan untuk yang keenam, cobalah untuk melakukan Wipe Cache Partition melalui menu Recovery Mode atau Mi Recovery. Dengan melakukan Wipe Cache Partition, semua semua file cache pada aplikasi dan sistem bisa bersih secara total. Adapun untuk melakukannya, tentu kamu harus bisa masuk pada menu Recovery Mode Xiaomi. Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu simak langkah–langkahnya dibawah ini.
  1. Sebelum masuk menu Recovery Mode Xiaomi, pastikan daya baterai mencukupi untuk melakukan Wipe Cache Partition.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, kamu bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo MI. Dan secara otomatis kamu akan dibawa pada menu Recovery Mode Xiaomi.
  3. Untuk opsi bahasa, kamu bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Dan untuk melakukan Wipe Cache Partition, kamu tinggal pilih “Wipe Cache Partition”, kemudian tunggu sampai proses Wipe selesai dan berhasil. Jika sudah, kamu coba lakukan restart atau reboot untuk mengakhiri semua langkah yang kamu lakukan.
  5. Selesai.
Komentar